Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » Extrakurikuler

Kegiatan ekstrakurikuler berarti kegiatan pembelajaran di luar program intrakurikuler dan kokurikuler dalam rangka peningkatan optimalisasi potensi diri siswa . Kegiatan ini dilaksanakan di waktu sore hari setelah berakhir kegiatan intrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Boarding School Yogyakarta antara lain : mentoring, Tahsin/Tahfidz al-Qur’an, kepanduan, Beladiri, Karya Ilmiah Remaja, jurnalistik, English Club, BSMR dan Sport Club. Secara rinci kegiatan extrakurikuler diuraikan sebagai berikut :


1. Halaqoh Tarbawiyyah (Mentoring)
Adalah kegiatan ektra wajib yang bertujuan untuk membangun kepribadian islami pada diri siswa melalui sarana diskusi kelompok, kajian tentang permasalahan yang dihadapi siswa, kajian islam kontemporer maupun sebagai sarana untuk latihan kepemimpinan.

2. Kepanduan (Pramuka SIT)
Adalah Kegiatan extra wajib yang harus diikuti oleh siswa pada jenjang tertentu sebagai sarana latihan siswa agar memiliki ketrampilan hidup, berjiwa disiplin, mandiri dan mampu survive dalam menghadapi kehidupan.

3. Beladiri
Adalah program extra wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa putra kelas VII dan pilihan bagi siswa putri yang bertujuan agar siswa memiliki kepercayaan diri, kekuatan fisik dan mental, kemampuan melindungi diri dan sebagai sarana tarbiyyah jasadiyyah siswa sebagai sarana untuk pengabdian kepada Allah SWT. Untuk kegiatan ekstrakurikuler beladiri yang diterapkan di SMPIT Abu Bakar adalah Beladiri Karate INKAI yang segala sesuatunya mengacu pada ketentuan Karate Inkai Propinsi DIY baik dalam kegiatan latihan, kurikulum pengembangannya dan ketentuan-ketentuan lainnya.

4. Tahsin dan Tahfizh Al-Qur’an
Adalah kegiatan ektra wajib yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas bacaan dan hafalan al-Qur’an siswa. Kegiatan ini wajib diikuti oleh semua siswa yang belum baik bacaan dan hafalan al-Qur’annya sampai dinyatakan lulus. Siswa yang mengikuti ekstra al-Qur’an tidak diperkenankan mengikuti kegiatan ekstra pilihan dan ekstra wajib yang lain dengan mendapat rekomendasi dari Pembina ekstra wajib.

5. Karya Ilmiah Remaja
Adalah Kegiatan extra yang sifatnya pilihan, sebagai sarana bagi siswa yang mempunyai kecenderungan sebagai peneniti dan mempunyai keinginan untuk menemukan hal – hal yang baru serta sebagai sarana pembelajaran cara berfikir ilmiah dan kreatifitas siswa.
6. Jurnalistik.
Adalah kegiatan extra yang bersifat pilihan , sebagai sarana bagi siswa untuk menyalurkan bakat/hobi menulis atau sebagai sarana bagi siswa yang mempunyai cita–cita menjadi seorang jurnalis.

7. English Speaking Club
Adalah extra yang bersifat pilihan sebagai sarana bagi siswa untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris agar mempunyai kemahiran dalam berbahasa Inggris dengan baik.

8. BSMR (Bulan Sabit Merah Remaja)
Adalah extra yang bersifat wajib untuk semua siswa dan pilihan 9bagi siswa yang direkomendasikan masuk club bahasa Inggris) sebagai sarana bagi siswa untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang kesehatan. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat.

9. Sport Club
Adalah kegiatan extra yang bersifat pilihan sebagai sarana mengembangkan kemampuan dibidang olahraga seperti sepak bola, Basket, Volly dll yang diminati siswa agar bakat siswa tersalurkan dengan baik. adapun untuk saat ini SMP IT baru mempunyai club sepak bola.

10. Elektronika
Adalah kegiatan extra yang bersifat pilihan sebagai sarana mengembangkan kemampuan dibidang elektronika.

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu