Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » Nulis..... Siapa takut!!!

Hi Semua Met datang ya di blognya SMP IT ABY, kali ini kita anak Jurnalistik di kasih amanah buat ngisi blog ini. Met Baca ya... Menurut kalian Jurnalistik itu gimana sih pastinya??? Pastinya ada yang bilang seru, ada yang bilang bosenin tapi sebenarnya Jurnalis itu seru kok.... Sapa bilang nulis itu susah... Hari Sabtu Kemarin kita nak Jurnalistik dah belajar apa itu tokoh? Tau gak sih.. tokoh itu pengertiannya “INdividu rekaan yang mengalam peristiwa di dalam cerita yang di tulis sama pengarang”
Fungsi tokoh di cerita itu ada 2, tokoh sentral dan tokoh bawaan, nah tokoh sentral itu di bagi lagi jadi 2, protagonist dan antagonis. Protagonis itu baik Antagonis sebaliknya. Trus tokoh andalan di bagi lagi menjadi 3... tokoh andalan, tambahan, lataran. Andalan itu tokoh bawaan yag menajadi tokoh sentral. Kalau tambahan tokoh yang sedikit banget buat megang peran. Nah kalau lataran tokoh yang Cuma berfungsi sebagai latar. Nah kalau cara enampilkan perwatakan itu ada 2, tokoh datar ma tokoh bulat. Datar wataknya dikit banget berubah jadi kalau tokohnya udah jahat ya jahat terus, kalau bulat komplek, punya banyak gambaran watak, kalau awalanya baik trus ntar tiba-tiba bisa jadi jahat.
Sekrang tiba metode menyimpulkan penokohan ada 3, analistis / langsung itu menggambarkan watak langsung, gak pake bertele-tele. Ada dramtik/tak langsung. Yang terakhir kontekstual itu dari gaya bahasa yang di pake.Eits stop.... stop....
Jangan pusing-pusin dulu baca blognya berikut ada contoh nih yang mungkin bisa buat kamu ngerti: Pilih tokoh sentralnya yang protagonist yang tokoh bawahannya qita pilih yang andalan nach cara menampilkan perwatakannya ambil yang tokoh bulat sekrang ceritanya.
“Ahmad adalah nama saya yang telah diberikan kedua orang tua saya sejak lahir. Kedua orang tua saya telah bercerai dan kini mereka telah membuang saya dipinggir jalan sednag mereka asyik dengan pasangan baru mereka. Kini saya hidup sebatang kara di kota Gorontalo. Kerasnya hidup membuat saya jahat dan melapiaskan kekerasan dunai membuat saya jadi jahat. Mungkin anda akan menganggap saya jahat, tapi di dalam luuk hati saya, saya sangat menykai anak kecil dan saya juga menyukai rasa kasih sayang itulah saya ahmad purwanto..”
Nah sekrang gimana pastinya udah ngerti donk, apa itu tokoh ... dan gak ada lagi yang bilang nulis itu susah... karena sebenarnya nulis itu gampang kok asal kamu konsisten ama inti cerita kamu dan kamu gak gampang males, cara nyari ide juga macem-macem bisa dari penglihatan, pendengaran, perasaan dan juga bisa dari khayalan. Kalau mau buat cerita jangan asal dulu... pertama-tama kamu harus buat kerangkan karangan... tuh gampang bangets kan, sekarang coba dech kamu nulis cerita pasti gampang deh....

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu