Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » Sistem Pendidikan Boarding School Efektif untuk Pendidikan Karakter Bulding

Drs. Maksudin, M. Ag., (49 tahun) mengatakan, penanaman nilai merupakan ruhnya penyelenggaraan pendidikan.Oleh karenanya pola-pola pendidikan hendaknya mengembangan dan menyadarkan siswa terhadap nilai kebenaran, kejujuran, kebajikan, kearifan dan kasih sayang sebagai nilai-nilai universal yang dimiliki semua agama. Pendidikan juga berfungsi untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan secara spesifik sesaui keyakinan agama. Maka setiap pembelajaran yang dilakukan hendaknya selalu diintegrasikan dengan perihal nilai di atas, sehingga menghasilkan anak didik yang berkepribadian utuh, yang bisa mengintegrasikan keilmuan yang dikuasai dengan nilai-nilai yang diyakini untuk mengatasi berbagai permasalahn hidup dan sistem kehidupan manusia. Sementara pendidikan di Indonesia selama ini, disadari atau tidak, belum banyak menyentuh pemberdayaan dan pencerahan kesadaran dalam perspektif global, karena persoalan pembenahan pendidikan masih terpaku pada kurikulum nasional dan lokal yang belum pernah tuntas. Pendidikan dengan Sistem Boarding School (perpaduan/integrasi sistem pendidikan pesatren dan madrasah) sebenarnya afektif untuk mendidik kecerdasan, ketrampilan, pembangunan karakter dan penanaman nilai-nilai moral peserta didik, sehingga anak didik lebih memiliki kepribadian yang utuh dan khas. Hal tersebut disampaikan Dosen Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga ini saat mempresentasikan Disertasinya untuk memperoleh gelar Doktor Bidang Ilmu Agama Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Jum’at, 13 Maret 2009. Disertasi Promovendus yang berjudul “Pendidikan Nilai Sistem Boarding School Di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta” dipertahankan di hadapan Promotor Prof. Hj. Darmiyati Zuchdi, Ed.D., dan Prof. Dr. H. Machasin, MA., serta tim penguji antara lain : Prof. H. Suyata, Ph.D., Dr. Ahmad Janan Asifudin, MA., Dr. Siti Syamsiatun, MA., dan Dr. Maragustam, MA. Sidang Promosi dipimpin Prof. Dr. H.M. Amin Abdullah, dengan sekretaris Dr. H. Sukamto, MA.
Lebih lanjut putra kelahiran Kebumen ini memaparkan, untuk melihat efektifitas pendidikan dengan Sistem Boarding School, pihaknya melakukan penelitian di SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta yang menerapkan Sistem pendidikan Boarding School dan mengkaji hasil hasil penelitian terdahulu tentang sistem pendidikan serupa yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Gontor dan masyarakat Indian Amerika, hasil riset Julie Davis, dengan menerapkan prinsip field research menggunakan pendekatan naturalistik. Menurut Promovendus, dari penelitian yang dilakukan bisa terungkap bahwa, Pendidikan dengan sistem boarding school antara lain mencakup : Salimun ‘aqidah atau penanaman akidah yang selamat, Sahihul ‘ibadah atau ibadah yang benar, Matinul khuluq atau penenaman akhlak terpuji, Quadirul ‘alal kasbi atau mengajarkan kemandirian secara ekonomi, Mu’saqaful fikri atau menggugah untuk berwawasan luas dengan gemar membaca dan menulis, Qowiyul jims atau melatih fisik yang kaut, Mujahidun lii nafsi atau menanamkan untuk bersungguh-sungguh menjaga diri, Munazomi fii su’unihi atau menanamkan untuk selalu teratur dalam segala hal, Hari’sun ‘alal waqtihi atau menanamkan untuk selalu menjaga waktu, Nafi’un lii gairihi atau bermanfaat bagi orang lain. Disamping itu, setiap pembelajaran bidang studi yang dilaksanakan selalu diintegrasikan dengan nilai-nilai kejujuran, toleran, kepatuhan dan ketaatan, rasa tanggungjawab, dan kemandirian, dengan latihan dan evaluasi yang ukurannya jelas.
Prinsip dasar pendidikan dengan sistem boarding school, berupaya mengintegrasikan ayat qauliyah dan kauniyah, iman dan ilmu, aspek fikriyah dan ruhiyah dengan jasadiyah yang diimlementasikan dalam pembelajaran dan hubungan sosial siswa. Dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler, baik di sekolah, asrama dan lingkungan masyarakat yang dipantau oleh guru-guru selama 24 jam. Kesesuaian sistem boardingnya, terletak pada semua aktivitas siswa yang diprogramkan, diatur dan dijadwalkan dengan jelas. Sementara aturan kelembagaannya sarat dengan muatan nilai-nilai moral.
Kelebihan-kelebihan lain dari sistem ini adalah : sistem boarding lebih menekankan pendidikan kemandirian. Berusaha menghindari dikotomi keilmuan (ilmu agama dan ilmu umum). Dengan pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu agama dan ilmu umum diharapkan akan membentuk kepribadian yang utuh setiap siswanya. Pelayanan pendidikan dan bimbingan dengan sistem boarding school yang diupayakan selama 24 jam, akan diperoleh penjadwalan pembelajaran yang lebih leluasa dan menyeluruh, segala aktifitas siswa akan senantiasa terbimbing, kedekatan antara guru dengan siswa selalu terjaga, masalah kesiswaan akan selalu diketahui dan segera terselesaikan, prinsip keteladanan guru akan senantiasa diterarpkan karena murid mengetahui setiap aktifitas guru selama 24 jam. Pembinaan mental siswa secara khusus mudah dilaksanakan, ucapan, perilaku dan sikap siswa akan senantiasa terpantau, tradisi positif para siswa dapat terseleksi secara wajar, terciptanya nilai-nilai kebersamaan dalam komunitas siswa, komitmen komunitas siswa terhadap tradisi yang positif dapat tumbuh secara leluasa, para siswa dan guru-gurunya dapat saling berwasiat mengenai kesabaran, kebenaran, kasih sayang, dan penanaman nilai-nilai kejujuran, toleransi, tanggungjawab, kepatuhan dan kemandirian dapat terus-menerus diamati dan dipantau oleh para guru / pembimbing.
Dari hasil temuan disertasinya, bapak 3 putra dari istri Sudiati, M. Hum. ini mengharapkan, pendidikan dengan sistem boarding school bisa dikembangan dalam sistem pendidikan nasional, dengan tetap melakukan penyempurnaan dan pengembangan secara teoritik-konseptual maupun secara praktek-operasional. Sementara itu pola-pola yang sudah diterapkan selama ini perlu dilengkapi dengan rumusan sistem pembelajaran yang lebih kongkrit, sehingga pelaksanaannya mudah dipahami semua unsur dalam dunia pendidikan.
Oleh tim penguji, promovendus dinyatakan lulus dengan predikat “Sangat Memuaskan” dan dirinya merupakan Doktor ke-214 yang telah berhasil diluluskan PPs UIN Sunan Kalijaga.

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu