Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE TAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR & PEMAHAMAN KONSEP DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI SMPIT ABY

By : IMAM MUHTADI - 03460506, Fakultas Sain dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan pemahaman konsep dalam mata pelajaran Fisika. Selain itu juga untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research / CAR), yang meliputi proses perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang proses tersebut masuk dalam suatu siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP IT Abu Bakar Yogyakarta tahun ajaran 2008/2009. Keberhasilan pembelajaran ini dapat ditunjukkan dengan keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses meliputi peningkatan aktivitas siswa yang diperoleh melalui lembar observasi. Keberhasilan produk berupa peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep dalam mata pelajaran Fisika. Data pelaksanaan pembelajaran di analisis dengan analisis deskriptif, sementara keberhasilan produk dianalisis berdasarkan penelitian kualitatif dengan menggunakan persentase keberhasilan.

Hasil analisis Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa (yang dapat dilihat pada lembar observasi), dan adanya peningkatan hasil belajar dan pemahaman konsep dalam mata pelajaran Fisika (yang dapat dilihat dari hasil pre-test dan post-test) dengan metode pembelajaran Cooperative tipe TAI (Team Assisted Individualization). Jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas standar keberhasilan untuk pre-test siklus I sebesar 52,77 %, post-test siklus I sebesar 88,88 %, pre-test siklus II sebesar 11,11 %, post-test siklus II sebesar 86,11%, pre-test siklus III sebesar 11,11%, post-test siklus III sebesar 86,11%. Hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 62,04%.Untuk pemahaman konsep dilihat dari hasil jawaban siswa dalam soal uraian. Jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas standar keberhasilan untuk siklus I sebesar 97,22 %, siklus II sebesar 80,55 %, dan siklus III sebesar 86,11%. Rata-rata hasil soal uraian adalah 87,96 %.

Copyrights : Copyright � 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.


blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu