Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » Kecerdasan Moral, Penyesuaian Diri Sosial, Siswa Boarding School

By : NURLISA FITRI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan moral dengan penyesuaian diri sosial siswa boarding school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara kecerdasan moral dengan penyesuaian diri sosial siswa boarding school SMP Islam Terpadu Abu Bakar Yogyakarta.



Subjek yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 83 siswa-siswi yang mengikuti program boarding school di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta dan tersebar di 4 asrama yang berbeda. Yaitu, asrama Aisyah dan asrama Khansa untuk yang putri dan asrama Abu Bakar As-shidiq dan asrama Khalid bin Walid untuk yang putra. Tehnik pengambilan sampel penelitian dengan menggunakan tehnik cluster random sampling. Alat pengumpulan data menggunakan skala penyesuaian diri sosial dan skala kecerdasan moral. Analisis data dengan menggunakan tehnik korelasi dari Pearson's product moment dengan program SPSS 16.00 for Windows.



Hasil penelitian ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan moral dengan penyesuaian diri sosial, yang memiliki koefisien korelasi (rxy) = 0,793 dan p = 0,00 (p < 0,001). Semakin tinggi tingkat kecerdasan moral maka semakin tinggi pula penyesuaian diri sosial siswa boarding school SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Sebaliknya semakin rendah tingkat kecerdasan moral siswa maka semakin rendah pula penyesuaian diri sosialnya. Kecerdasan moral mempengaruhi penyesuaian diri sosial siswa boarding school Abu Bakar Yogyakarta sebesar 63 % yang ditunjukkan dengan R square = 0.630. http://digilib.uin-suka.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=digilib-uinsuka--nurlisafit-6300

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu