Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » » Perjuangan Penuh Barokah *)

Hari demi hari berlalu , dan tibalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh para umat Islam, yaitu bulan  suci Ramadhan , atau sering juga dikenal dengan sebutan  Bulan Penuh Berkah. Bagaimana tidak? Di bulan ini kita diberi ampunan dan dilipatgandakan pahalanya . Itulah sebabnya umat Islam sangat bahagia menyambut  Bulan  Penuh Berkah ini, termasuk Bu Ika sang penjual makanan dan minuman untuk berbuka puasa ini. Di Bulan Ramadhan ini Ia mendapat pendapatan lebih , dengan menjual Es Kelapa Muda yang segaaarnya minta ampun . Eits, jangan ngiler dulu , ini bukan Es Kelapa Muda biasa lho…Pensaran ? yuk, let’s cekidot.
              Siapa sih , yang tidak suka dengan kenikmatan Es Kelapa Muda ? Semua sudah pernah mencoba kan? Tapi , apakah kalian sudah pernah mencicipi Es Kelapa Muda jualannya Bu Ika ? Jika belum , mari simak bacaan ini dengan teliti . Jadi , Es kelapa muda ini ditambah dengan nata de coco yang kenyal-kenyil  dan  dicampur dengan kemurnian kuningnya  buah nangka asli , sehingga membuat  minuman ini laku terjual .
              Tempat penjualan sajian buka puasa ini terletak di Pandeyan , Umbulharjo  Yogyakarta . Tak hanya Es Kelapa Muda ,  Bu Ika juga menyajikan makanan-makanan berat lainnya . Pokoknya  lengkap deh…Walaupun lengkap, sebenarnya Bu Ika hanya menjalankan tugasnya untuk menyiapkan dan  menjual makanan ataupun minuman yang dititipkan oleh seseorang yang telah membuat makanan  dan minuman  tersebut. Dengan semangat Bu Ika , Bu Nia  dan Bu Atun menjual  sajian-sajian menu berbuka puasa  ini selama 1 bulan penuh . Bu Ika dan teman-temannya dapat bekerja sama dengan kompak dan tak lupa untuk  saling membantu , wah…Perlu dicontoh itu…
               Bu Ika Widiyarti atau biasa dipanggil Bu Ika , mengaku bahwa ia hanya menjual Es Kelapa Muda sebagai pekerjaan  sambilan  di Bulan Ramadhan ini . Dan katanya ia bekerja di warung makan ayam geprek. Nah, di situlah pekerjaan aslinya. Khusus di bulan Ramadhan ini, Bu Ika berangkat  ke Pandeyan mengendarai  sepeda  atau sepeda motor dari  rumahnya yang  terletak di warung boto ,pada pukul 03.00 sore.  Sebelum berjualan  Bu Ika harus menyiapkan makanannya terlebih dahulu . Setelah siap , para pembeli dipersilahkan untuk membeli makanan ataupun minumannya yang terasa  sangat nikmat. Ramenya pembeli yang datang, biasanya terjadi pada pukul 05.00 hingga pukul 05.30. Setelah pengunjung mulai sepi , dan sajiannya sudah habis. Maka , pada saat itulah pekerjaannya untuk menjual Es Kelapa Muda dan makanan yang lainnya sudah selesai. Namun , saat pukul 07.00 malam , Bu Ika  berada di warung makan Ayam Geprek , untuk mengerjakan pekerjaan aslinya . Seperti itulah kesehariannya Bu Ika  di Bulan Ramadhan.
                Di Bulan Suci ini , Bu Ika menceritakan pengalamannya yang ia alami tahun ini . Seraya tersenyum ia mengaku  bahwa Bu Ika dan teman-temannya sempat menjual makanan yang sudah basi, karena Bu Ika lupa mengecek ulang makanan yang dititipkan untuk dijual, akibatnya para pembeli protes berat , sambil menagih uangnya yang telah ia bayar untuk membeli  makanan tersebut. Dengan segera ia mengembalikan uang tersebut. Akhirnya ,Bu Ika  melaporkan sekaligus  menceritakan apa yang telah terjadi  kepada orang yang menitipkan makanan tersbut , dengan harapan tak akan terulang kejadian seperti ini . Sebagai  pelajaran , Bu Ika tak ingin lupa dan akan segera mengecek kembali makanan yang akan dijual. Sesungguh nya ,ia tak ingin mengulangi pengalamannya  terjadi lagi dan membuat nya rugi akan waktu dan hasil pendapatannya .
Yah, begitulah pengalaman suka dan duka yang didapatkan Bu Ika selama bekerja di Pandeyan. Entah itu pekerjaan sambilan ataupun pekerjaan aslinya , ia tetap menjalankannya dengan bahagia dan penuh perjuangan. Walaupun pekerjaan ini terlihat  biasa ,namun  , jika kita mengerjakannya dengan sepenuh hati tanpa mengeluh akan tercipta kehidupan sesungguhnya yang  ada  untuk diri kita sendiri. Hasilnya pun tak kalah hebatnya , jika memang kita   BERIKHTIAR , BERDO’A  DAN  BERTAWAKAL. Allah akan  selalu  memberikan  yang terbaik untuk kita ,jika kita memberikan yang terbaik untuk Allah.  Karena sesungguhnya,  Allah itu Maha dari Segala Maha ,termasuk Maha Adil kepada kita semua.

*) (ditulis oleh Annisa Salma Hana, Gina Prima Pricillia, Izhanoem Audia, Nur Afiani Qonitah, Pradipta Khairani, Safira Riansyah dalam rangka tugas pembelajaran Bahasa Indonesia)

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu