Diberdayakan oleh Blogger.

Racing

OSIS

Prestasi Siswa

Cerpen Siswa

LABEL

Artikel

» » Pesantren Tahfidz, Program Menghafal Al-Qur’an

Belum lama ini SMPIT Abu Bakar meluncrukan program baru. Pesantren Tahfidz atau yang biasa di singkat Peta adalah sebuah program yang mengundang para siswa yang potensial untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an lebih banyak dari siswa yang lain. “Diadakannya program ini untuk mengoptimalkan kemampuan para siswa yang semangat dan dapat menghafal ayat-ayat Al-Qur’an dengan cepat.” Ujar Ustadz Ahmad Aniq S.Ag, supervisor pesantren tahfidz. Program ini masih tergolong program baru yang dijalankan oleh sekolah. PeTa baru berjalan sejak tanggal 3 September 2012.
PeTa  dilaksanakan setiap hari senin, kamis, antara pukul 15.30 hingga 17.00. khusus hari sabtu dilaksanakan ba’da dhuhur  bertempat di masjid bagi siswa putra dan bagi siswa putri bertempat di aula.
Sekolah mengundang sebanyak kurang lebih 70 orang siswa untuk mengikuti program ini, yang terdiri dari siswa kelas 7 dan kelas 8. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok diampu oleh seorang guru pembimbing. Secara keseluruhan, sebanyak 6 orang guru dilibatkan dalam membimbing para siswa menghafal Alquran.
Program ini memiliki target hafalan cukup tinggi. Semua peserta ditargetkan mampu menghafal minimal sebanyak 7 juz sampai 10 juz Al-Qur’an selama bersekolah di SMPIT Abu Bakar.  Atau dapat menghafal sebanyak 6 hingga 8 baris Al-Qur’an di setiap harinya. “ Sebenarnya target yang diberikan oleh pihak sekolah untuk para peserta ini hanya menjadi sebuah patokan saja. Para siswa seharusnya dapat membuat targetnya sendiri dengan melihat kemampuannya masing-masing.” Tambah Ustadz Aniq.
“Harapanku dalam mengikuti program ini adalah untuk membantuku dalam menjadi seorang hafidz (penghafal Al-Qur’an)” ungkap Adip, salah satu peserta pesantren tahfidz. Sementara itu Rosyid salah seorang peserta merasa tertantang untuk menekuni program PeTa ini. “Program pesantren tahfidz ini menurutku sebuah program yang bagus bagi para siswa karena bisa memotivasi dan memacu siswa untuk dapat lebih banyak menghafalkan Al-Qur’an.” Ungkapnya.
Sebagaiman diketahui, SMPIT juga mempunyai program boarding untuk siswa. bagi siswa-siswi yang berasal dari daerah-daerah yang jauh akan diasramakan. Lebih dari 400 siswa nyantri di asrama Abu Bakar. Di asrama tersebut mereka juga mendapat program tahfidz. Hadirnya PeTa akan sangat membantu siswa dalam memperbanyak jumlah hafalannya. (Guntur)

blogsmpitabubakar

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply

Select Menu